Makalah Tentang Indonesia Awal Kemerdekaan Hingga Tahun 1950


INDONESIA PADA AWAL KEMERDEKAAN HINGGA TAHUN 1950





A.    UPAYA MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA
1.   Badan Penyelidik Usaha – Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia    (BPUPKI)
Pada 7 September 1944, dalam suatu sidang istimewa parlemen Jepang di Tokyo, Perdana Menteri Jepang , Koiso , mengumumkan tentang pendirian pemerintah Jepang terhadap bangsa – bangsa  yang di kuasainya, termasuk Indonesia, Koiso mengatakan bahwa daerah Hindia Timur (Indonesia) akan di perkenankankan merdeka kelak.
Pada sidang pertama ,29 Mei 1945 , Moh .Yamin mengumumkan lima gagasannya :
-          Peri Kebangsaan
-          Peri Kemanusiaan
-          Peri Ketuhanan
-          Peri Kerakyatan
-          Kesejahteraan Rakyat
Dua hari kemudian , yaitu pada tanggal 31 Mei 1945 ,Supomo membacakan aspirasinya :
-          Persatuan
-          Kekeluargaan
-          Keseimbangan Lahir dan Batin
-          Musyawarah
-          Keadilan Rakyat
 Pada tanggal 1 Juni Soekarno mengumumkan gagasannya yaitu :
-          Kebangsaan Indonesia
-          Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan
-          Mufakat / Demokrasi
-          Kesejahteraan Sosial
-          Ketuhanan Yang Maha Esa

2.    Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
Sehari setelah proklamasi kemerdekaan PPKI mengesahkan UUD beserta yang telah di siapkan BPUPKI, namun dengan beberapa perubahan yaitu kata – kata “dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk- pemeluknya “ di ganti dengan “ yang maha esa . bunyi keseluruhannya sbb :
   
  1. Ketuhanan yang maha esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

  1. PERISTIWA SEPUTAR PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945
     1.  Peristiwa Rengasdengklok
Soekarno dan Moh. Hatta beranggapan bahwa proklamasi kemerdekaan harus lebih dulu direncanakan atau di putuskan oleh PPKI, Sementara itu, para pemuda menganggap PPKI merupakan Badan bentukan Jepang.setelah membahas sikap tokoh politik, tokoh politik seperti Soekarno dan Moh. Hatta , mereka sampai pada kesimpulan untuk bertindak tegas. Salah satunya yaitu mengamankan kedua tokoh politik itu dari pengaruh Jepang. Ahmad Subarjo yang berasal dari kelompok Kaigun (Angkatan laut Jepang) mencapai kesepakatan dengan Wikana sebagai wakil kaum muda .mereka bersepakat bahwa kemerdekaan Indonesia akan segera di proklamasikan .dalam hal ini Soekarno dan Moh.Hatta harus di pulangkan dulu ke Jakarta. Kelompok Kaigun sudah menyiapkan tempat yang aman .
2. Perumusan teks Proklamasi
Soekarno dengan bantuan Moh.Hatta dan ahmad Subarjo menyiapkan teks . atas usul Iwa kata maklumat diganti dengan proklamasi yang berarti “proklamasi kemerdekaan.yang terdiri atas 2 bagian :
1.”Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia”.
2.”Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasaan d.l.l diselenggarakan dengan  tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatjnya”.
Perubahan teks proklamasi dalam proses pengetikan oleh Sayuti Melik yaitu sebagai berikut .
Kata “tempoh” di ubah menjadi “Tempo”
Kata “wakil- wakil Indonesia” di ubah menjadi “atas nama bangsa Indonesia “.
Rumusan “Djakarta 17-08- 05” menjadi”Djakarta hari 17 boelan 08 tahoen 05.

3. Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Pengumuman Proklamasi kemerdekaan Indonesia dicetak dengan cepat dengan menggunakan peralatan seadanya .
Susunan acara pada 17 Agustus adalah sbb :


1.    Pembacaan proklamasi
2.    Pengibaran bendera merah putih
3.    Sambutan wali kota Suwirjo dan Muwardi
Berita tentang proklamasi segera di sebarkan kesuluruh penjuru tanah air dan dunia. Akibat penyiaran ini,  pimpinan Jepang di Indonesia memerintahkan untuk meralat dan menyatakanya sebagai kekeliruan .namun berita itu terus saja menyebar dan menyebar di seluruh penjuru tanah air.

C.  KEBIJAKAN       PEMERINTAH        INDONESIA      PADA       AWAL         MASA
     KEMERDEKAAN
1.  Kebijakan ekonomi – keuangan domestik
Kebijakan pemerintah Republik Indonesia untuk mengeluarkan uang ORI memiliki dua signifikasi. Pertama untuk menekan inflasi yang di sebabkan beredarnya mata uang asing di Indonesia . kedua , untuk menstabilkan harga-harga barang yang tidak tergapai daya beli.
2.   Kebijakan Ekonomi-keuangan internasional
Melalui jalur politik ,strategi diplomasi yang di gunakan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan cara memberikan bantuan kepada India yang sedang dilanda bencana kelaparan yang berkepanjangan
Melalui jalur ekonomi, pemerintah Indonesia menerapkan strategi untuk membuat sebuah kontak dagang langsung dengan negara asing
3.   Kebijakan Birokrasi pemerintahan
Susunan birorasi yang baik dan efisien didalam suatu pemerintahan merupakan syarat mutlak untuk mencapainya kinerja pemerintahan yang optimal atau terciptanya sebuah good governance
4.   Kebijakan pemerintah Indonesia dalam Bidang militer
Pada 5 Oktober 1945, dikeluarkan maklumat berdirinya TKR, pada Januari 1946 diubah menjadi TRI. Pada 3 Juni 1947 diubah menjadi TNI Jenderal Sudirman diangkat menjadi Panglima TNI yang di lantik pada 28 Juni 1947 di Yogyakarta.

   

5.   Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam Bidang Hubungan antar Pusat
      dan Daerah

Kondisi Indonesia diawal kemerdekaan menjadi kerjaan besar bagi segenap pemikir dan para pendiri bangsa Indonesia, selain harus merumuskan dasar negara, bentuk kepemimpinan, dan perangkat negara lainnya, mereka juga memikirkan cara untuk mengitegrasikan keanekaragaman itu kedalam satu integrasi nasional yaitu negara Indonesia. Para pendiri negara Indonesia berusaha membentuk integrasi yang baik dan optimal.
D.   PERKEMBANGAN SITUASI POLITIK DAN KENEGARAAN INDONESIA DIAWAL KEMERDEKAAN
1. Keragaman ideologi partai Politik di Indonesia
Maklumat politik 3 Nopember 1945 yang dikeluarkan oleh wakil presiden Moh. Hatta hadir sebagai sebuah peraturan dari pemerintah Indonesia yang bertujuan mengkomendasi suara yang majemuk kemunculan partai – partai berhaluan sosialis – komunis pada awalnya merupakan bentuk pertumbuhan demokrasi di Indonesia namun seiring perkembangannya partai ini menerapkan cara – cara revolusioner yang tidak dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, contoh partai itu yaitu partai Komunis Indonesia (PKI) yang berdiri pasda 7 Nopember 1945. dipimpin oleh M. Yusup. Persatuan Rakyat Marhaen Indonesia (Permai), PBI Partai Buruh Indonesia, PSI Partai Sosialis Indonesia dan PRS Partai Rakyat Sosialis

  1. Hubungan   antar   keragaman   ideologi   dan   pembetukan    kelembagaan  kepresidenan.
Dilatar belakangi oleh keadaan Jakarta diawal 1946 yang sangat rawan oleh teror dan intimidasi pihak asing mengharuskan para petinggi bangsa memindahkan ibukota negara ke Yogyakarta pada 4 Januari 1946 untuk sementara waktu.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments