I.
PENDAHULUAN
Permasalahan
yang dihadapi oleh pemerintah saat ini memberikan dampak terhadap pegawai dalam
melaksanakan pekerjaan kantor, terutama didalam organisasi dan manajemen di
dalam tata usaha kepegawaian. Jika
potensi organisasi dan manajemen sebagaui sumber daya yang prima dan paling
menentukan terhadap keberhasilan suatu lembaga instansi pemerintah pusat &
daerah. Sejalan dengan hal tersebut pemerintah negara R.I sebagai suatu ( pemerintahan ) yang
berupaya memajukan kesejahteraan umum,, untuk dapat mencapai tujuan melalui
berbagai macam kegiatan dengan menciptakan keselarasan , keserasian , dan
keseimbangan antara organisasi dan manajemen itu sendiri.
II . PERMASALAHAN
TENTANG : TATA USAHA KEPEGAWAIAN ( Organisasi & Manajemen ).
III .
PEMBAHASAN
1. ORGANISASI
A.
Pengertian
Organisasi ialah dua orang atau lebih
yang bekerjasama menjalankan pekerjaan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki
bersama. Menurut kamus Administrasi, organisasi adalah suatu “system usaha kerjasama”dari
sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.
B.
Unsur – unsur organisasi
Terdapat tujuh
unsure didalam organisasi yaitu, manusia, sasaran, tempat kedudukan, pekerjaan,
teknologi, struktur, dan lingkungan.
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam organisasi antara
lain , Ada tujuan yang jelas, Pembagian tugas yang jelas, Adanya kesatuan arah,
Adanya kesatuan perintah, Adanya pendelegasian wewenang secara jelas, adanya
jenjang pengawasan.
C. Bentuk – bentuk organisasi
* Bentuk
pyramid adalah bentuk
organiasi yang menggambarkan
jenjang dari atas
kebawahdan semakin kebawah semakin luas.
* Bentuk
vertical bentuk ini mirip dengan bentuk pyramid hanya bagian vertical di buat dalam bentuk tegak
lurus.
* Bentuk horizontal bentuk ini menggambarkan
bahwgarisperintah
itu berawal
dari kiri kekanan
* Bentuk melingkar bentuk ini menggambarkan hubungan
antara
para pejabat
lebih dekat karena rasa dibawah / di
perintah tidak
terlihat.
D. Jenis – jenis organisasi
Organisasi terdiri dari beberapa
jenis antara lain :
A.
Organisasi social
B.
Organisasi politik
C.
Organisasi keagamaan
D.
Organisasi kemasyarakatan
- MANAJEMEN
A. Pengertian manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu “ tomorage “
berarti membina, mengatur, mengurus, memimpin, mengelola, mengendalikan, dan
menjalankan.
Pengertian manajemen menurut GEORGE .R. TERRY, adalah
pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dengen mempergunakan orang
lain. Sedangkan menurut PROF. DR. PRAYUDI manajemen adalah menyelenggarakan
sesuatu dengan menggunakan orang – orang, uang, mesin, alat – alat sesuai
dengan kebutuhan.
B. Fungsi-fungsi manajemen
Pada dasarnya manajemen mempunyai fungsi untuk melaksanakan
kegiatan-kegiatan dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya,
fungsi tersebut antara lain, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan,
pengawasan, pemberian perintah,dan pengkoordinasian.
C. Inti Manajemen
Inti dari manajemen adalah kepemimpinan. Kepemimpinan adalah
suatu proses mengatur atau menggerakan bawahan untuk mencapai tujuan yang teleh
ditentukan. Kegiatan kepemimpinan yang paling utama adalah bagaimana
menggerakan,mengarahkan,dan mengatur para bawahan agar dapat melakukan tugas
yang dibebankan padanya.
D. Unsur manajemen
Manajemen merupakan suatu usaha / kegiatan kerjasama untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui orang lain. Unsur
manajemen tersebut dikenal dengan istilah “ the six ‘ m “ yaitu :
a. Man (manusia), merupakan
titik pusat dalam proses manajemen karena yang melahirkan ide untuk melakukan
kegiatan dan menerima hasilnya.
b. Money (uang), uang sangat berperan penting
sebagai alat tukar dan pengukuran nilai.
c. Materials (bahan),
Bahan-bahan sangat penting dalam manajemen karena bahan inilah yang diolah dan
dipakai untuk mencapai tujuan.
d. Machines (mesin-mesin),
mesin dipakai manusia untuk membantu mempermudah dan memperlancar proses
pekerjaan.
e. Methods (cara kerja), agar
manajemen mencapai sasaran / tujuan maka diperlukan metode / cara kerja yang
baik gunanya adalah untuk memperoleh efisiensi dan efektivitas dalam bekerja.
f. Market (pasar), produksi
yang dihasilkan organisasi perusahaan / kantor yang disebarluaskan / dipasarkan
melalui pasar ketangan para konsumen
E.
Manfaat Manajemen
Dengan menerapkan manajemen
dalam suatu kegiatan maka dapat diperoleh hasil / manfaat berupa :
- Keteraturan dan ketertiban secara keseluruhan
- Semangat kerja yang tinggi serta hasil yang layak
- Pegawai akan untuk mengetahui tugas-tugas kewajibannya masing-masing sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya.
- Adanya koordinasi dan kerjasama antara sekelompok orang untuk mencapai tujuan.
IV. KESIMPULAN
Dari semua penjelasan tersebut maka, Tata Usaha perkantoran dan pekerjaan kantor dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai dengan melalui pendekatan
serta memahami peranan-peranan penting dalam kegiatan di kantor.