Makalah Tentang Tata Usaha Kepegawaian






I.       PENDAHULUAN


Permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah saat ini memberikan dampak terhadap pegawai dalam melaksanakan pekerjaan kantor, terutama didalam organisasi dan manajemen di dalam  tata usaha kepegawaian. Jika potensi organisasi dan manajemen sebagaui sumber daya yang prima dan paling menentukan terhadap keberhasilan suatu lembaga instansi pemerintah pusat & daerah. Sejalan dengan hal tersebut pemerintah negara  R.I sebagai suatu ( pemerintahan ) yang berupaya memajukan kesejahteraan umum,, untuk dapat mencapai tujuan melalui berbagai macam kegiatan dengan menciptakan keselarasan , keserasian , dan keseimbangan antara organisasi dan manajemen itu sendiri. 

                                                II .  PERMASALAHAN

TENTANG  : TATA USAHA KEPEGAWAIAN     ( Organisasi & Manajemen ).

                                                III .  PEMBAHASAN
           
1. ORGANISASI
A. Pengertian

Organisasi ialah dua orang atau lebih yang bekerjasama menjalankan pekerjaan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki bersama. Menurut kamus Administrasi, organisasi adalah suatu “system usaha kerjasama”dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.    
B. Unsur – unsur organisasi
           
            Terdapat tujuh unsure didalam organisasi yaitu, manusia, sasaran, tempat kedudukan, pekerjaan, teknologi, struktur, dan lingkungan.       
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam organisasi antara lain , Ada tujuan yang jelas, Pembagian tugas yang jelas, Adanya kesatuan arah, Adanya kesatuan perintah, Adanya pendelegasian wewenang secara jelas, adanya jenjang pengawasan.

C. Bentuk – bentuk organisasi


       *   Bentuk  pyramid  adalah  bentuk  organiasi  yang menggambarkan          
          jenjang dari atas kebawahdan semakin kebawah semakin luas.
*  Bentuk vertical bentuk ini mirip dengan bentuk pyramid hanya   bagian vertical di buat dalam bentuk tegak lurus. 
* Bentuk horizontal bentuk ini menggambarkan bahwgarisperintah        
   itu berawal dari kiri kekanan  
* Bentuk melingkar bentuk ini menggambarkan hubungan antara    
   para pejabat lebih dekat karena rasa dibawah / di perintah tidak 
   terlihat.

D. Jenis – jenis organisasi

            Organisasi terdiri dari beberapa jenis antara lain :
A.    Organisasi social
B.     Organisasi politik
C.     Organisasi keagamaan
D.    Organisasi kemasyarakatan

  1. MANAJEMEN
A. Pengertian manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu “ tomorage “ berarti membina, mengatur, mengurus, memimpin, mengelola, mengendalikan, dan menjalankan.
Pengertian manajemen menurut GEORGE .R. TERRY, adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dengen mempergunakan orang lain. Sedangkan menurut PROF. DR. PRAYUDI manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggunakan orang – orang, uang, mesin, alat – alat sesuai dengan kebutuhan.
B. Fungsi-fungsi manajemen
Pada dasarnya manajemen mempunyai fungsi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, fungsi tersebut antara lain, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, pemberian perintah,dan pengkoordinasian.
C. Inti Manajemen
Inti dari manajemen adalah kepemimpinan. Kepemimpinan adalah suatu proses mengatur atau menggerakan bawahan untuk mencapai tujuan yang teleh ditentukan. Kegiatan kepemimpinan yang paling utama adalah bagaimana menggerakan,mengarahkan,dan mengatur para bawahan agar dapat melakukan tugas yang dibebankan padanya.
D. Unsur manajemen
Manajemen merupakan suatu usaha / kegiatan kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui orang lain. Unsur manajemen tersebut dikenal dengan istilah “ the six ‘ m “ yaitu  :
a.       Man (manusia), merupakan titik pusat dalam proses manajemen karena yang melahirkan ide untuk melakukan kegiatan dan menerima hasilnya.
b.      Money (uang),  uang sangat berperan  penting  sebagai alat tukar dan pengukuran nilai.
c.       Materials (bahan), Bahan-bahan sangat penting dalam manajemen karena bahan inilah yang diolah dan dipakai untuk mencapai tujuan.
d.      Machines (mesin-mesin), mesin dipakai manusia untuk membantu mempermudah dan memperlancar proses pekerjaan.
e.       Methods (cara kerja), agar manajemen mencapai sasaran / tujuan maka diperlukan metode / cara kerja yang baik gunanya adalah untuk memperoleh efisiensi dan efektivitas dalam bekerja.
f.       Market (pasar), produksi yang dihasilkan organisasi perusahaan / kantor yang disebarluaskan / dipasarkan melalui pasar ketangan para konsumen
E. Manfaat Manajemen
            Dengan menerapkan manajemen dalam suatu kegiatan maka dapat diperoleh hasil / manfaat berupa :
    1. Keteraturan dan ketertiban secara keseluruhan
    2. Semangat kerja yang tinggi serta hasil yang layak
    3. Pegawai akan untuk mengetahui tugas-tugas kewajibannya masing-masing sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya.
    4. Adanya koordinasi dan kerjasama antara sekelompok orang untuk mencapai tujuan.
IV. KESIMPULAN
  
Dari semua penjelasan  tersebut maka, Tata Usaha perkantoran dan pekerjaan kantor dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dengan  melalui pendekatan serta memahami peranan-peranan penting dalam kegiatan di kantor.







Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments