KOMPETENSI/SUB
KOMPETENSI
|
NO
|
INDIKATOR
|
KELAS
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
||
KTSP
|
K 13
|
KTSP 2006
|
K. 13
|
|||
A.
Bilangan
1. Operasi
hitung bilangan
|
1.
|
Menentukan
hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga
angka).
|
√
(III)
|
|
1.2 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan tiga angka
|
|
|
2.
|
Menentukan
hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau
sebaliknya.
|
√
(IV)
|
|
1.3 Melakukan
operasi perkalian dan pembagian
|
|
|
3.
|
Menentukan
hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat
(positif dan negatif)
|
√
(IV)
√
(V)
|
√
(IV)
|
1.1 Menjumlahkan dan
mengurangkan bilangan bulat
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan,
dan penaksiran
|
3.8
Memahami
pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal
yang konkrit dan garis bilangan
|
|
4.
|
Menentukan
hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat
(positif
dan negatif
|
√ (V)
|
|
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya,pembulatan,
dan penaksiran
|
|
|
5.
|
Menyelesaikan
masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat
tentang
energi.
|
|
√ (III)
|
|
4.2 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
|
2. FPB dan KPK
|
6.
|
Menentukan FPB
atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk
faktorisasi.
|
√ (IV)
√
(V)
√
(VI)
|
√ (IV)
|
2.3 Menentukan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
1.2
Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.1
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
|
3.5 Menentukan
kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan
terkecil (KPK)
|
|
7.
|
Menentukan FPB
atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
|
√ (IV)
√
(V)
√
(VI)
|
√ (IV)
|
2.3 Menentukan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
1.2
Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.1
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
|
3.6 Menentukan
faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
|
|
8.
|
Menyelesaikan
masalah penalaran yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
|
√
(IV)
√
(V)
|
√ (IV)
|
2.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB
1.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi
yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa
kebenarannya
|
3. Pangkat dan
akar bilangan
|
9.
|
Menghitung
operasi bilangan suatu bilangan pangkat
|
√
(V)
|
√
(V)
|
1.4 Menghitung
perpangkatan dan akar sederhana
|
3.1 Mengenal konsep
perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat
tiga sederhana
|
|
10.
|
Menentukan
perhitungan bilangan perpangkatan tiga
|
|
√
(V)
|
|
3.1 Mengenal konsep
perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat
tiga sederhana
|
|
11.
|
Menghitung
operasi bilangan suatu bilangan akar
|
√
(V)
|
√
(V)
|
1.4 Menghitung
perpangkatan dan akar sederhana
|
3.1 Mengenal konsep
perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat
tiga sederhana
|
|
12.
|
Menentukan
hasil akar pangkat tiga.
|
√
(VI)
|
√
(V)
|
1.2 Menentukan
akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
|
3.1 Mengenal konsep
perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat
tiga sederhana
|
4. Pecahan
|
13.
|
Menyederhanakan
pecahan
|
√
(IV)
|
|
6.2
Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
|
|
|
14.
|
Mengurutkan
berbagai bentuk pecahan
|
√
(VI)
|
|
5.1
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
|
|
|
15.
|
Menentukan
hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
|
√
(IV)
√
(V)
|
|
6.3
Menjumlahkan pecahan
6.4
Mengurangkan pecahan
5.2
Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI/SUB
KOMPETENSI
|
NO
|
INDIKATOR
|
KTSP DAN KELAS
|
K 13 DAN KELAS
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
2006
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
2013
|
A. BILANGAN
4. Pecahan
|
16
|
Menentukan hasil operasi perkalian atau
pembagian bilangan
pecahan
|
5
|
5
|
5.3
Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
|
3.2
Memahami berbagai bentuk
pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah
bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan
pembagian
|
|
17
|
Menyelesaikan masalah penalaran yang
melibatkan operasi hitung bilangan
pecahan
|
4
|
4
|
6.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan
|
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya
|
|
18
|
Mengubah pecahan menjadi bentuk
persen atau desimal
atau sebaliknya
|
5
|
4
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
|
3.3
Menyatakan pecahan ke bentuk
desimal dan persen
|
|
19
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan berbagai
bentuk pecahan.
|
6
|
4
|
5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
|
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya
|
|
20
|
Menyelesaikan masalah tentang
perbandingan senilai yang bertema
makhluk hidup.
|
5
6
|
5
6
|
5.4 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
|
3.4
Mengenal konsep perbandingan
dan skala
3.2
Memahami perbandingan senilai
dan perbandingan terbalik
|
|
21
|
Menyelesaikan soal tentang skala yang
berkaitan dengan
tema makhluk hidup.
|
5
6
|
5
|
5.4 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
|
3.4
Mengenal konsep perbandingan
dan skala
|
B.
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4
Satuan Ukuran
|
22
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan panjang
yang berbeda.
|
4
|
3
4
|
3.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
|
3.9
Mengenal hubungan antar satuan
waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
3.14
Menentukan hubungan antara
satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
|
|
23
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan berat yang
berbeda.
|
4
|
3
|
3.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
|
3.10
Mengenal hubungan antar satuan
waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
24
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan waktu yang
berbeda.
|
4
|
3
|
3.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
|
3.9
Mengenal hubungan antar satuan
waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
25
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan kuantitas
yang berbeda.
|
4
|
5
|
3.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
|
3.6.
Menentukan hubungan antar
satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
|
|
26
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan luas yang
berbeda.
|
5
|
6
|
3.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan
atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
|
|
27
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan volume
yang berbeda.
|
6
|
6
|
2.1
Mengenal satuan debit
|
3.8 Memecahkan masalah sederhana melibatkan
juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut
4.4 Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan
sederhana serta menghitung volumenya
|
|
28
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
jarak, waktu, dan
kecepatan.
|
5
|
5
|
2.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
|
4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai
benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil
bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah
|
|
29
|
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
debit.
|
6
|
5
|
2.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
|
3.1
Mengenal konsep perpangkatan
dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
|
4
Sifat dan unsur bangun
datar (segitiga, segiempat,
lingkaran)
|
30
|
Menentukan bangun datar berdasarkan
sifatnya.
|
5
|
3
|
6.1
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
|
3.8
Menemukan unsur dan sifat
bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan
|
6.
Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran).
|
31.
|
Menentukan kesebangunan pada
bangun datar.
|
V/2
|
III
|
6.4
Menyelidiki sifat-sifat kebangunan dan
simetri
|
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting
dan melipat atau cara lainnya), simetri putar
dan pencerminan menggunakan benda-
benda konkrit
|
|
32.
|
Menentukan keliling segiempat
|
III/2
|
III
|
5.1
Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
|
Memahami
keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit
(benang, tali,
batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu
satuan luas)
|
|
33.
|
Menentukan keliling lingkaran
|
|
V
|
|
3.7 Menemukan
rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
|
|
34.
|
Menentukan luas
segitiga atau segiempat
|
|
IV
|
|
3.13
Memahami luas segitiga, persegi panjang dan persegi
|
|
35.
|
Menentukan luas lingkaran.
|
|
v
|
4.5
melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas
lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
|
3.7 Menemukan
rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
|
|
36.
|
Menentukan
luas bagian lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)
|
|
v
|
4.5
melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas
lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
|
|
|
37.
|
Menentukan luas atau keliling gabungan dua bangun datar
|
VI/1
|
VI
|
3.1.
Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar
sederhana
|
3.13
Memahami
luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
4.3 Membentuk/menggambar
bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
|
|
38.
|
Menyelesaikan masalah penalaran yang
berkaitan dengan bangun
datar
|
|
|
|
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala,
dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
|
6. Sifat dan usur bangun ruang
(kubus, balok, tabung)
|
39.
|
Menentukan bangun
ruang
berdasarkan sifatnya.
|
V/2
|
|
6.2
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
|
|
|
40.
|
Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
|
|
V dan VI
|
|
4.12 Menemukan luas permukaan dan volume dari
heksahedron dan prisma segi banyak
4.7 Menghitung
luas permukaan prisma dan silinder
|
|
41.
|
Menentukan volume tabung.
|
|
|
V dan VI
|
4.12 Menemukan luas permukaan
dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
4.7 Menggunakan kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang
sederhana
|
|
42.
|
Menentukan jaring-jaring dari salah satu bangun ruang.
|
V/2
|
IV
|
6.3
Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
|
4.11
Mengurai
dan menyusun kembali jaring- jaring bangun ruang sederhana
4.5 Mengurai dan menyusun kembali
jaring-jaring bangun ruang sederhana
4.6 Membentuk
jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah
ada
4.7 Membuat
benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang
ditemukan dengan memanfaatkan barang-
barang bekas
yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain
|
|
43.
|
Menentukan
volume gabungan dua bangun ruang.
|
IV/2
|
VI
|
4.2
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
|
4.4 Membentuk/menggambar
bangun ruang gabungan sederhana serta menghi-tung volumenya
|
|
44.
|
Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan bangun
ruang.
|
V/2
|
VI
|
6.5
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang
sederhana
|
3.8 Memecahkan
masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau
kerucut
4.9 Menggunakan juring, kesamaan busur,
prisma,
silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana
|
|
45.
|
Menentukan letak titik koodinat
|
VI / 2
|
V
|
6.3
menentukan posisi titik dalam sistem
koodinat kartesius
|
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda
dan sistem koordinat
|
Bidang dan letak Koordinat
|
45.
|
Menentukan letak titik koodinat
|
VI / 2
|
|
6.3
menentukan posisi titik dalam sistem
koodinat kartesius
|
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda
dan sistem koordinat
|
|
46.
|
Menentukan salah satu
koordinat bangun datar yang belum
diketahui.
|
VI/2
|
|
6.3
menentukan posisi titik dalam sistem
koodinat kartesius
|
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda
dan sistem koordinat
|
9. Simetri dan Pencerminan
|
47.
|
Menentukan banyaknya sumbu
simetri
pada salah satu bangun datar.
|
|
VI
|
|
3.7 Memilahkan
poligon oleh garis simetri dan
dengan simetri rotasi
|
|
48.
|
Menentukan
hasil
pencerminan
bangun datar
|
IV/2
|
|
8.4
Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar
|
3.7 Memilahkan
poligon oleh garis simetri dan
dengan simetri rotasi
|
10. Mengumpulkan dan mengolah datar
|
49.
|
Menyajikan data dalam bentuk
tabel.
|
VI/1
|
|
4.2
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
|
4.14 Mengumpulkan,
menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan
tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi
|
11. Menyelesaikan masalah
Yang berkaitan
Dengan data
|
50.
|
Membaca data dalam bentuk
tabel atau data acak/random
|
|
VI
|
4.12
Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistic sederhana, tabel dan grafik
|
4.14 Mengumpulkan,
menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan
tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi
|
|
51.
|
Menentukan diagram batang dari
data yang disajikan dalam bentuk tabel.
|
VI/2
|
V
|
7.1
Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
|
4.14 Mengumpulkan,
menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan
tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi
|
|
52.
|
Menentukan diagram lingkaran dari data
yang disajikan dalam bentuk tabel.
|
VI/2
|
V
|
7.1
Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
|
4.14 Mengumpulkan, menata, membandingkan,
dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang
piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi
|
|
53.
|
Membaca data
yang
disajikan dalam bentuk diagram batang.
|
VI/1
|
V
|
4.3 Menafsirkan
sajian data
|
4.14 Mengumpulkan, menata, membandingkan,
dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang
piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi
|
|
54.
|
Membaca data
yang
disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
|
VI/1
|
V
|
4.3 Menafsirkan
sajian data
|
4.14 Mengumpulkan, menata, membandingkan,
dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang
piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi
|
|
55.
|
Menentukan
rata-rata
hitung dari data
yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau
data acak
|
VI/2
|
VI
|
7.2 Menentukan
rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
|
3.9 Memahami
cara menghitung nilai rata- rata,
median, dan modus menggunakan
statistik sederhana
3.10
Membandingkan
tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan
data berbeda, tetapi sejenis.
|
|
56.
|
Menentukan modus dari
data
yang
disajikan dalam bentuk diagram,
tabel,
atau data acak.
|
VI/2
|
|
7.2 Menentukan
rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
|
3.9 Memahami
cara menghitung nilai rata- rata,
median, dan modus menggunakan
statistik sederhana
3.10
Membandingkan
tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan
data berbeda, tetapi sejenis.
|
|
57.
|
Menentukan
median
(data tengah) dari
data yang diberikan
|
|
VI
|
3.9
Memahami cara menghitung nilai rata-rata median, dan modus menggunakan
statistik sederhana
|
3.9 Memahami
cara menghitung nilai rata- rata,
median, dan modus menggunakan
statistik sederhana
3.10
Membandingkan
tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan
data berbeda, tetapi sejenis.
|
|
58.
|
Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan rata-rata.
|
|
VI
|
|
4.12
Menarik
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistik
sederhana, tabel, dan grafik
|
|
59.
|
Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan modus.
|
|
|
|
4.12
Menarik
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistik
sederhana, tabel, dan grafik
|
|
60.
|
Menafsirkan
hasil pengolahan data
berbentuk diagram, tabel,
atau data acak yang bertema makhluk hidup.
|
VI/2
|
|
7.4 Menafsirkan
hasil pengolahan data
|
4.12
Menarik
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistik
sederhana, tabel, dan grafik
|
TABEL SEBARAN SOAL (PROPORSI)
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
JUMLAH SOAL : 60 BUAH
KOMPETENSI DASAR DAN
SUB KOMPETENSI
|
JUMLAH INDIKATOR USM
|
JUMLAH SOAL YANG AKAN
DIRAKIT
|
A.
BILANGAN
1. Operasi hitung
bilangan
|
5
|
3
|
2. FPB DAN KPK
|
3
|
2
|
3. Pangkat dan Akar
Bilangan
|
4
|
3
|
4. Pecahan
|
9
|
6
|
B.
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Satuan Ukuran
|
8
|
6
|
6. Sifat dan unsur bangun
datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
|
9
|
6
|
7. Sifat dan unsur bangun
ruang (kubus, balok, dan tabung)
|
6
|
4
|
8. Bidang dan letak
Koordinat
|
2
|
1
|
9. Simetri dan
pencerminan
|
2
|
1
|
C.
PENGOLAHAN DATA
10. Mengumpulkan dan
mengolah data
|
2
|
1
|
11. Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan data
|
10
|
7
|
Total
|
60
|
40
|