TABEL PEMETAAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA JENIS SATUAN PENDIDIKAN : SD/MADRASAH




KOMPETENSI/SUB KOMPETENSI
NO
INDIKATOR
KELAS
KOMPETENSI DASAR (KD)
KTSP
K 13
KTSP  2006
K. 13
A. Bilangan
1. Operasi hitung bilangan
1.
Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
√ (III)


1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka


2.
Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau
sebaliknya.
√ (IV)


1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian


3.
Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat (positif dan negatif)
√ (IV)



√ (V)

√ (IV)
1.1 Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat

1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan, dan penaksiran
3.8 Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan


4.
Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat
(positif dan negatif
√ (V)

1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya,pembulatan, dan penaksiran


5.
Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat
tentang energi.

√ (III)


4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya

2. FPB dan KPK













6.
Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk
faktorisasi.
√ (IV)




√ (V)


√ (VI)

√ (IV)

2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB

1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
3.5 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)


7.
Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
√ (IV)




√ (V)


√ (VI)

√ (IV)

2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
3.6 Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB)


8.
Menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
√ (IV)



√ (V)

√ (IV)



2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB

1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya

3. Pangkat dan akar bilangan
9.
Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
√ (V)


√ (V)

1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana

3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana


10.
Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga

√ (V)


3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana


11.
Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
√ (V)

√ (V)

1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana

12.
Menentukan hasil akar pangkat tiga.
√ (VI)

√ (V)

1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana

4. Pecahan
13.
Menyederhanakan pecahan
√ (IV)


6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan


14.
Mengurutkan berbagai bentuk pecahan
√ (VI)


5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan


15.
Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
√ (IV)



√ (V)


6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4 Mengurangkan pecahan
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan















KOMPETENSI/SUB KOMPETENSI
NO
INDIKATOR
KTSP DAN KELAS
K 13 DAN KELAS
KOMPETENSI DASAR (KD) 2006
KOMPETENSI DASAR (KD) 2013
A.      BILANGAN
4.       Pecahan
16
Menentukan hasil operasi perkalian atau
pembagian bilangan pecahan
5
5
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
3.2       Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian


17
Menyelesaikan masalah penalaran yang
melibatkan operasi hitung bilangan
pecahan
4
4
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya

18
Mengubah pecahan menjadi bentuk
persen atau desimal atau sebaliknya
5
4
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya

3.3        Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen


19
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan berbagai bentuk pecahan.
6
4
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya

20
Menyelesaikan masalah tentang
perbandingan senilai yang bertema
makhluk hidup.
5




6
5




6
5.4 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala

3.4             Mengenal konsep perbandingan dan skala

3.2           Memahami perbandingan senilai dan perbandingan terbalik


21
Menyelesaikan soal tentang skala yang
berkaitan dengan tema makhluk hidup.
5



6
5




5.4 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala

3.4             Mengenal konsep perbandingan dan skala

B. GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4        Satuan Ukuran
22
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan panjang
yang berbeda.
4
3











4
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.9   Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari

3.14        Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang


23
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan berat yang
berbeda.
4
3
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.10      Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari


24
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan waktu yang
berbeda.
4
3
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.9           Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari


25
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan kuantitas
yang berbeda.
4
5
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
3.6.  Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)


26
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan luas yang
berbeda.
5
6
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang


27
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
operasi hitung konversi satuan volume
yang berbeda.
6
6
2.1 Mengenal satuan debit
3.8 Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut
4.4 Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya

28
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
jarak, waktu, dan kecepatan.
5
5
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah

29
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
debit.
6
5
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
3.1         Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana

4        Sifat dan unsur bangun
datar (segitiga, segiempat,
lingkaran)
30
Menentukan bangun datar berdasarkan
sifatnya.
5
3
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
3.8      Menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan

6. Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran).

31.
Menentukan kesebangunan  pada bangun datar.
V/2
III
6.4 Menyelidiki  sifat-sifat kebangunan dan simetri
3.7    Menemukan sifat simetri  bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar
dan pencerminan menggunakan benda-
benda konkrit


32.
Menentukan keliling segiempat
III/2
III
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
Memahami keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit
(benang, tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas)


33.
Menentukan keliling lingkaran

V

3.7       Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan

34.
Menentukan luas segitiga atau segiempat

IV

3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang dan persegi

35.
Menentukan luas lingkaran.

v
4.5 melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
3.7     Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan


36.
Menentukan luas bagian    lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)

v
4.5 melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran


37.
Menentukan luas atau  keliling gabungan dua bangun datar
VI/1
VI
3.1. Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.13  Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
4.3     Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya

38.
Menyelesaikan masalah  penalaran  yang
berkaitan dengan bangun datar



4.13  Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
6. Sifat dan usur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
39.
Menentukan  bangun  ruang  berdasarkan sifatnya.
V/2

6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang


40.
Menentukan luas permukaan kubus atau balok.

V dan VI

4.12  Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
4.7     Menghitung luas permukaan prisma dan silinder

41.
Menentukan volume tabung.


V dan VI
4.12  Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
4.7     Menggunakan kubus satuan untuk  menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana


42.
Menentukan jaring-jaring dari salah satu bangun ruang.
V/2
IV
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
4.11  Mengurai dan menyusun kembali jaring- jaring bangun ruang sederhana
4.5   Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
4.6     Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada
4.7     Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang
ditemukan dengan memanfaatkan barang-
barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain



43.
Menentukan volume   gabungan dua bangun ruang.
IV/2
VI
4.2 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
4.4     Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghi-tung volumenya

44.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang.
V/2
VI
6.5 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
3.8     Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut
4.9   Menggunakan juring,  kesamaan busur,
prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana

45.
Menentukan letak  titik  koodinat
VI / 2
V
6.3 menentukan  posisi titik dalam sistem koodinat kartesius
3.5     Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat
Bidang dan letak Koordinat
45.
Menentukan letak  titik  koodinat
VI / 2

6.3 menentukan  posisi titik dalam sistem koodinat kartesius
3.5     Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat

46.
Menentukan salah satu koordinat bangun datar yang belum diketahui.
VI/2

6.3 menentukan  posisi titik dalam sistem koodinat kartesius
3.5     Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat
9. Simetri dan Pencerminan
47.
Menentukan banyaknya  sumbu simetri pada salah satu bangun datar.

VI

3.7   Memilahkan poligon oleh garis simetri dan
dengan simetri rotasi

48.
Menentukan  hasil  pencerminan  bangun datar
IV/2

8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar
3.7   Memilahkan poligon oleh garis simetri dan
dengan simetri rotasi

10. Mengumpulkan dan mengolah datar
49.
Menyajikan data dalam bentuk tabel.
VI/1

4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
4.14  Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi
11. Menyelesaikan masalah
Yang berkaitan
Dengan data
50.
Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random

VI
4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana, tabel dan grafik
4.14  Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi

51.
Menentukan  diagram  batang  dari  data yang disajikan dalam bentuk tabel.
VI/2
V
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
4.14  Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi

52.
Menentukan diagram lingkaran dari data
yang disajikan dalam bentuk tabel.
VI/2
V
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
4.14  Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi




53.
Membaca  data   yang   disajikan   dalam bentuk diagram batang.
VI/1
V
4.3 Menafsirkan sajian data
4.14  Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi

54.
Membaca  data   yang   disajikan   dalam bentuk diagram lingkaran
VI/1
V
4.3 Menafsirkan sajian data
4.14  Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi

55.
Menentukan  rata-rata   hitung  dari  data
yang  disajikan  dalam  bentuk   diagram, tabel, atau  data acak
VI/2
VI
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
3.9     Memahami cara menghitung nilai rata- rata, median, dan modus menggunakan
statistik sederhana
3.10  Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan
data berbeda, tetapi sejenis.


56.
Menentukan    modus    dari    data    yang
disajikan  dalam  bentuk  diagram,  tabel, atau data acak.
VI/2

7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
3.9     Memahami cara menghitung nilai rata- rata, median, dan modus menggunakan
statistik sederhana
3.10  Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan
data berbeda, tetapi sejenis.


57.
Menentukan  median  (data   tengah)   dari
data yang diberikan

VI
3.9 Memahami cara menghitung nilai rata-rata median, dan modus menggunakan statistik sederhana
3.9     Memahami cara menghitung nilai rata- rata, median, dan modus menggunakan
statistik sederhana
3.10  Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan
data berbeda, tetapi sejenis.


58.
Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan rata-rata.

VI

4.12  Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistik sederhana, tabel, dan grafik

59.
Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan modus.



4.12  Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistik sederhana, tabel, dan grafik

60.
Menafsirkan hasil     pengolahan data
berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema makhluk hidup.
VI/2

7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
4.12  Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistik sederhana, tabel, dan grafik

















TABEL SEBARAN SOAL (PROPORSI)
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
JUMLAH SOAL : 60 BUAH

KOMPETENSI DASAR DAN SUB KOMPETENSI
JUMLAH INDIKATOR USM
JUMLAH SOAL YANG AKAN DIRAKIT
A.      BILANGAN
1.      Operasi hitung bilangan

5

3
2.      FPB DAN KPK
3
2
3.      Pangkat dan Akar Bilangan
4
3
4.      Pecahan
9
6
B.      GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5.      Satuan Ukuran


8


6
6.      Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
9
6
7.      Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, dan tabung)
6
4
8.      Bidang dan letak Koordinat
2
1
9.      Simetri dan pencerminan
2
1
C.      PENGOLAHAN DATA
10.  Mengumpulkan dan mengolah data

2

1
11.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
10
7
Total
60
40


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments