Makalah Kewirausahaan

    KEWIRAUSAHAAN







PENJUALAN IKAN NILA, IKAN MAS DAN IKAN PATIN

 


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)

SAMARINDA

2019

 

 

BAB 1

Pendahuluan

1.latar Belakang

 Untuk memenuhi kebutuhan hidup sebagian orang mengembangkan pemikirannya dengan memanfaatkan peluang usaha mengembangkan kreatifitasnya dengan membuka bisnis yang dapat menguntungkan untuk hidup yang diinginkannya , oleh karena itu saya ingin membagikan kisah sang pengusaha yang saya wawancarai ini.

 

II.Maksud dan Tujuan

1.memperoleh informasi tentang kewirausahaan

2.sebagai pembuka pikiran para pengangguran untuk membuka usaha sendiri

3.mengembangkan jiwa berwirausaha generasi muda

 

III.Topik Wawancara

Melakukan perubahan dari usaha kecil ke usaha besar

IV.Waktu dan tempat kegiatan dilaksanakan pada

Hari/Tanggal ;JUMAT-15-JUNI-2019

Pukul; 08.00 WITA

Tempat; JL.Dr. Fl. Thobing KM 6 Desa Rempanga Kec. Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara

 

 

 

V.Narasumber kegiatan wawancara

Narasumber: Ibu Farida

Bpk,  Muji

 

 

 

BAB II

ISI

I. Sejarah pemilik dan berdirinya usaha

Nama pemilik usaha: farida

Tempat tanggal lahir: 27-juli-1978

Alamat: JL.Dr. Fl Thobing KM 6 Desa Rempanga

Usaha ibu Farida dan suami berdiri sejak sekitar tahun 2017 dimana yang hanya berawal gubuk dari warung kecil yang sederhana yang menjual ikan nila, ikan mas, dan ikan patin di kecil dipinggir jalan raya lalu, menjadi sebuah ketring yang banyak memesan kepada ibu farida.

 

II.Modal dan Keuntungan

Modal awal dari penjualan ikan tersebut adalah 1 jt, yang ,mana terus berkembang hingga akhirnya memiliki keuntungan sampai saat ini berkisar antara 7-8 jt. Rata-rata penjualan perhari nya berkisar 70-100 kg dari semua jenis ikan yang di jual. Biasa nya 70% untuk ketring warung dan 30% sisanya untuk di jual kepada masyarakat sekitar.

 

 

BAB III

Laporan hasil wawancara

Daftar pertanyaan

1.apa latar belakang ibu memilihusaha ini?

‘’karena saya merasa usaha ini cocok dengan saya, selain itu juga usaha ini mudah dan cepat perputaran uang yang di putar’’

2.bagaimana sejarah perkembangan toko ini hingga sekarang?

‘’awaal nya saya hanya coba-coba  dan saya bersama suami saya berdiskusi untuk memulai usaha yang cocok dan akhirnya pun kami memulai usaha penjualan ini, bermodal 1 jt, dengan cepat kami memperoleh keuntungan yang banyak saya masih tidak menyangka tetapi inilah hasil yang saya rasakan setelah membuka usaha selama 2 tahun, usaha penjualan ikan ini juga menurut saya masih kurang di minati maka dari itu saya memulai usaha ini lebih dahulu dari pada tetangga lainnya.’’

3.apa kendala yang dialami selama usaha?

‘’kendalanya ya kadang harus membagi waktu untuk mengurus anak saya yang sekolah masih di bangku smp karena itu antar jemput selain itu juga saya juga harus menjaga rumah untuk masalah suami saya tidak masalah karena suami saya bekerja di daerah kutim dan yang lebih sulit lagi mencari ikan apabila banyak yang memesan dan ikan saya kurang itu yang membenai saya’’

4.bagaimana cara menyelesaikan masalah kendala usaha tersebut?

‘’yah kadang saya harus bangun lebih awal untuk membagi waktu buat anak, rumah dan usaha.  Usaha saya ini memang bisa di bilang usaha gaib karena ya tidak semua ikan itu bisa beranak pinak setiap hari kan jadi saya menyelesaikan masalah ini dengan mencari penjual ikan sebanyak mungkin dan kalau saya butuh ikan tinggal saya telpon aja atau tidak di sms pasti ada 1 sampai 3 orang yang ada ikan nya.’’

5.berapa modal memulai usaha?

‘’awalnya ya modal modal nya Cuma 1 jt aja terus dijalani sampai sekarang ya alhamdulillah’’

6.berapa penghasilan perhari?

kadang ya 700 ribu sampai 1,2 jt’’

7.strategi apayang diterapkan dalam usaha?

‘’yang pertama harus lebih murah walaupun untungnya sedikit tetapi cepat berputarnya uang itu terus kita harus ramah sama pelanggan’’

8.bagaimana tips berwirausaha?

‘’harus hemat tidak boros dalam mengatur keuangan yaitu dengan melipat gandakan uang dengan cara berjualan apa saja yang bisa menghasilkan uang’’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 1V

PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Jika kita memilikikeinginan untuk sukses janganlah pemikiran itu hanya dijadikan angan angan semata, selalu berandai andai tetapi harus action lakukan apapun yang anda bisa karna sedikit sedikit pelan pelan pasti angan itu bisa dicapai asal gigih dan jangan pernah menyerah dan selalu terus mencoba ,karna berwirausaha itu tidak langsung ke usaha yang besar tapi dari bawah pelan pelan meninggi insyaallah akan sukses.



Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments